Pages

Kamis, 22 Oktober 2015

Daftar Nama Nama Penyakit Di Bagian Lambung

Daftar Nama Nama Penyakit Di Bagian Organ Lambung



Lambung merupakan salah satu organ tubuh manusia yang dapat berfungsi sebagai tempat di mana makanan dicerna dan sejumlah kecil sari-sari makanan diserap.Lambung dapat dibagi menjadi tiga daerah, yaitu daerah kardia , fundus , pilorus.

Sistem pencernaan manusia atau sistem gastroinstestinal (mulai dari mulut sampai anus) adalah sistem organ dalam manusia yang berfungsi untuk menerima makanan, mencernanya menjadi zat-zat gizi dan energi, menyerap zat-zat gizi ke dalam aliran darah serta membuang bagian makanan yang tidak dapat dicerna atau merupakan sisa proses tersebut dari tubuh.

Pada kesempatan kali ini halaman kami akan memberikan beberapa daftar nama-nama penyakit yang sering menyerang bagian lambung manusia , dan untuk mengetahui lebih lanjutnya berikut ini adalah jenis jenis penyakit di bagian lambung :


1.Lambung Bengkak

Pembengkakan pada lambung merupakan penyakit maag yang sudah parah dan menyebabkan bengkak pada lambung, yang menyebabkan pembengkakan ini umumnya adalah suatu bakteri atau peningkatan asam yang berlebihan. Mula-mula bengkaknya lambung karena ada suatu peradangan atau disebut penyakit maag. Maag yang tidak mendapatkan pengobatan yang serius akan berdampak parah pada lambung dan menyebabkan pembengkakan serta pendarahan.
Gejala yang ditimbulkan pada lambung bengkak hampir sama dengan gejala yang terjadi pada maag/radang lambung, namun yang membedakannya yaitu rasa sakit yang lebih berat. Dan sama seperti halnya maag, penderita lambung bengkak juga hendaknya menghindari makanan yang pedas, buah nangka, kopi, kol, rokok, dan alkohol. Beberapa makanan tersebut dapat menaikkan kadar asam lambung dan merusak dinding mukosa lambung sehingga memperparah kondisi lambung saat ini.
 
 
 
2.Tumor Lambung 
 
Tumor lambung adalah sekelompok sel-sel abnormal yang terbentuk di dalam lambung dari hasil proses pembelahan sel yang berlebihan dan tak terkoordinasi. Berdasarkan pertumbuhannya, tumor dibagi menjadi 2 golongan besar yaitu tumor lamung jinak dan tumor lambug ganas atau yang populer dengan sebutan kanker lambung. Tumor lambung dan kanker lambung seringkali dianggap sama. Namun, ada perbedaan di antara keduanya. Tumor lambung jinak hanya tumbuh dan membesar secara lokal dan tidak menyerang jaringan tubuh didekatnya serta tidak mengalami metastatis (penyebaran ke organ tubuh lain disekitarnya). Berbeda dengan tumor lambung ganas yang tumbuh tak terkendali, menyerang jaringan tubuh disekitarnya, dan mengalami metastatis melalui sistem peredaran darah dan limfa. Tumor lambung ganas inilah yang dikenal dengan kanker lambung. 


 
3.Infeksi Lambung

Gastritis atau radang lambung lebih dikenal dengan sebutan penyakit maag. Pada penderita radang lambung atau maag, dijumpai adanya suatu iritasi atau infeksi atau peradangan pada dinding mukosa lambung sehingga dinding lambung menjadi merah, bengkak, berdarah dan berparut atau luka. Gejala Infeksi Lambung Dan Pengobatan TradisionalnyaSelain luka pada dinding lambung, juga luka pada usus 12 jari, serangan pada lambung sendiri dapat bersifat akut atau kronis. Radang kronis sering terjadi di kalangan orang tua dan penderita anemia fatal. Hal ini sering dapat menimbulkan peradangan di seluruh lapisan dinding lambung.


 
4.Tukak Lambung

Tukak lambung adalah luka yang terjadi pada lapisan bagian dalam dari lambung atau pada usus (tukak usus) yang mengakibatkan timbulnya rasa nyeri pada saluran pencernaan. Penyebab utama dari tukak lambung ini adalah infeksi dari bakter Helicobacter pylori. Penyebab lainnya adakah obat anti radang non steroid yang dikonsumsi dalam jangka panjang seta merokok. Stress dam konsumsi alkohol yang berlebihan bukan menjadi penyebab, tapi dapat memperburuk kondisi tukak yang sudah ada.

Bakteri Helicobacter pylori adalah bakteri yang mempunyai sifat tahan terhadap asam lambung. Bakteri ini hidup dan berkebang biak pada makanan dan air minum yang tidak dimasak dengan benar. Pada sebagian penderita tukak lambun, mereka terinfeksi bakteri Helicobacter pylori sejak kanak-kanak namun gejalanya akan muncul beberapa puluh tahun kemudian.


 
5.Asam Lambung

Asam lambung merupakan suatu cairan pencernaan yang ada di dalam tubuh manusia dan terbentuk di dalam lambung. Penyakit asam lambung masih berkaitan erat dengan penyakit maag terjadi akibat produksi asam lambung yang berlebih sehingga menyebabkan rasa tidak nyaman di lambung dan uluhati

Gejala penyakit ini untuk tahap awal biasanya penderita mengalami kembung, mual, sendawa dan cepat merasa kenyang. Selanjutnya diikuti dengan perih pada lambung, pusing kepala sebelah / migrain, muntah bahkan mencret. Ada pula gejala yang tidak disadari oleh penderita seperti rasa pahit di mulut. Rasa pahit ini timbul karena asam lambung yang berlebihan mendorong naik ke kerongkongan sehingga kadang kala timbul rasa asam ataupun pahit pada kerongkongan dan mulut.

 
6.Gastroparesis

Gastroparesis adalah suatu kondisi dimana otot-otot di perut tidak berfungsi secara normal. Biasanya, kontraksi otot yang kuat mendorong makanan melalui saluran pencernaan. Ketika terjadi gastroparesis, otot-otot dinding perut bekerja buruk atau tidak bekerja sama sekali. Hal ini mencegah perut untuk mengosongkan dirinya secara total. Gastroparesis dapat mengganggu pencernaan, menyebabkan mual dan muntah, dan menyebabkan masalah dengan kadar gula darah dan nutrisi.

Hal ini disebabkan oleh kelainan atau tidak adanya kontraksi lambung. Lambung adalah organ yang bertanggung jawab untuk menyimoan makanan yang ditelan dan membantu mencampur makanan bersama-sama dengan enzim-enzim pencernaan.


 
7.Gerd

GERD adalah penyakit kronik yang bisa mengakibatkan kanker kerongkongan atau kanker  lambung jika terlambat ditangani. GERD merupakan kondisi adanya aliran balik dari isi lambung ke kerongkongan yang menyebabkan gejala yang mengganggu hingga terjadi komplikasi. Aliran balik asam lambung ke kerongkongan tidak hanya menjadi pemicu sindrom GERD (seperti naiknya aliran isi lambung ke kerongkongan atau regurgitasi ataupun nyeri dada seperti terbakar, heartburn) tetapi juga menyebabkan luka pada kerongkongan atau esofagitis. Alur balik isi lambung ini juga dilaporkan bisa menyebabkan atypical syndrome (seperti asthma reflux) yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.
 
 
8.Gastroenteritis 
 
Gastroenteritis adalah infeksi yang terjadi pada usus atau perut yang disebabkan oleh beberapa jenis virus. Kondisi ini juga dikenal dengan istilah flu perut, flu lambung, atau virus perut. Infeksi ini menyebabkan terjadinya mual, muntah, diare, kram perut, dan terkadang demam.

Gastroenteritis menyebar melalui kontak jarak dekat dengan orang yang sudah terinfeksi atau karena mengonsumsi makanan dan/atau minuman yang terkontaminasi. Infeksi ini mudah sekali menyebar di fasilitas umum yang tertutup, seperti di dalam ruang kelas, tempat perawatan anak, dan ruang perawatan umum.
 
 
 
9.Nyeri Ulu Hati 

Nyeri pada ulu hati merupakan gejala sakit perut yang sering dikeluhkan oleh kebanyakan orang. Kebanyakan dari mereka menduga nyeri ulu hati ini disebabkan oleh sakit maag. Memang hal tersebut merupakan penyebab tersering tetapi tidak hanya maag saja yang menjadi penyebab nyeri ulu hati.

 
10.Dispepsia 

Dispepsia itu adalah penyakit yang menyerang usus dan mengindikasikan abnormalitas dalam sistem pencernaan tapi setelah dia mengkonsumsi obat Gastric health  tidak  lama kemudian dia sembuh dengan sendiri nya. Dyspepsia lebih sering dikenal dengan nama indigestion (gangguan pencernaan).Pada umumnya, Dispepsia merupakan sekumpulan sindrom yang mengindikasikan suatu masalah di kerongkongan, perut, atau usus duabelas jari.Dispepsia merupakan keluhan atau gejala berupa rasa tidak enak atau sakit pada perut bagian atas yang bersifat menetap atau mengalami kekambuhan serta sering disertai dengan asupan makanan.Dispepsia dibagi menjadi 2 jenis yakni dispepsia organik dan dispepsia fungsional.Pada dispepsia organik,keluhan yang dialami,akibat adanya kelainan pada organ tubuh terutama kelainan pada organ-organ didalam rongga perut.Sedangkan pada dispepsia fungsional tidak didapatkan kelainan organ melainkan terjdinya kenaikan produksi asam lambung dan gangguan dari gerakan organ saluran cerna,yang biasanya akibat faktor psikis seperti stress.


Itulah informasi mengenai daftar nama nama penyakit di bagian lambung yang sering sekali di alami oleh sebagian masyarakat , namun selain itu juga jangan lupa untuk membaca cara menyembuhkan nya seperti  hal nya pengobatan yang kami rekomendasikan di atas.Semoga informasi yang kami berikan dapar bermanfaat bagi anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 

Sample text

Sample Text

 
Blogger Templates